You Are Here: Home» Seo » CARA PING AGAR BLOG CEPAT TERINDEX GOOGLE




Apa itu Ping ?
Arti kata Ping yaitu bersiul yakni untuk memanggil. Lebih tepatnya memanggil robot search engine ( mesin pencari ) semisal google yaitu untuk menjelajahi halaman situs web atau blog yang di ping sehingga cepat terindex di google.

Sebenarnya kalu situs web atau blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap (peta map)  di google melalui google webmaster tool maka robot engine google akan mengindex setiap halaman baru dari website blog atau situs kita.

Hanya saja " waktu berkunjung " atau kedatangan robot google untuk mengindex halaman baru blog atau situs tidak pasti, dalam artian kadang lama atau kadang cepat. Tapi lebih sering lambat karena halaman blog kita harus berkenalan dulu dengan search engine google.

Oleh karena itu harus ada pemanggilan / pemberitahuan ( ping ) kepada robot google agar website kita atau situs kita dapat segera di crawl ( dijelajahi ) oleh robot google ( googlebot ).  
Sehingga akan cepat terindex dalam data base daftar pencarian  google.

Adapun cara ping ke google ada 2 jenis :
1. Ping google secara otomatis
2. Ping google secara manual.

Saat ini banyak sekali layanan dari sebuah website yang menyediakan fasilitas layanan ping ke google, Contoh layanan Ping diantaranya :
 Banyak webmaster ( pemilik situs ) yang jarang menggunakan ping otomatis tersebut. Salah satu alasannya berasal dari pihak ketiga, bukan langsung dari google yang disinyalir hasilnya kurang akurat atau tidak berfungsi dengan baik dalam memanggil robot google.
Saya pribadi belum pernah memakai layanan tersebut sehingga kurang tahu efektifitasnya dalam menggunakan cara ping tersebut.

Oleh karena itu saya sarankan untuk ping menggunakan layanan google yang tentunya pihak google akan memprioritaskan setiap website atau blog yang melakukan ping dari tempatnya sendiri dibandingkan dari pihak ketiga.

Adapun cara melakukan ping google secara otomatis bisa mengikuti cara sbb :

Buka halaman google ping di : http://googleping.com
Isi kolom " blog detail "  seperti :
     Blog name                              : Isi nama blog anda
     Blog Homepage                    : Isikan url blog anda.
     RSS URL ( Optional )            : Isi dengan url feed blog ( boleh tidak di isi )
     Email ( requered for some ) : Isi dengan alamat email anda.

Setelah data tersebut di isi silahkan klik tulisan ( check all ) untuk mencentang semuanya. Setelah di centang semuanya isi chapta atau tulis kode yang terlihat kemudian klik tulisan        
" send ping " maka ping blog kita akan di proses.

Adapun cara manual ping ke google adalah sebagai berikut :
  1. Klik http://blogsearch.google.co.id/ping
  2. Masukan alamat url yang akan di ping ke google
  3. Klik tombol submit  blog.
  4. Selesai dan googlebot akan berkunjung ke blog anda untuk merayapi url blog yang anda kirim ( ping ).
Terima kasih telah membaca cara ping agar blog cepat terindex oleh google.





 
Tags: Seo

0 comments

Leave a Reply