You Are Here: Home» Prestasi Dunia » TUJUH ORANG PERTAMA INDONESIA YANG MENGGUNCANG DUNIA

TUJUH  ORANG INDONESIA PERTAMA YANG MENGGUNCANG DUNIA

Banyak dari kita yang belum mengetahui prestasi dari saudara kita yang bisa mengguncang dunia. Prestasi yang diakui bangsa lain tentunya membanggakan kita sebagai rakyat Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa bangsa kita juga patut diperhitungkan di kancah Internasional. Apa lagi diantara mereka ada yang pertama kali melakukannya di dunia. Wah sebagai bangsa Indonesia tentunya kita merasa bangga.

Berikut 7 orang Indonesia yang pertama kali mengguncang dunia :


Orang pertama Indonesia yang berhasil mengguncang dunia adalah Tim yang tergabung dalam Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar ( ISSEMU ) 





















Tim tersebut berhasil menaklukan 7 puncak tertinggi benua di dunia, yang meliputi :
Dan anak muda berusia 20 tahunan sa'at itu secara otomatis mendapat julukan sebagai " The Seven Sumiteers ". Gelar Internasional bagi mereka yang mampu berhasil menaklukan 7 puncak tertinggi di dunia.

Sebenarnya usa itu telah di mulai oleh Almarhum Norman Edwin dan Almarhum  yang Didiek Samsu Wahyu Triachdi merupakan mahasiswa pencinta alam dari Universitas Indonesia. Sayangnya langkah keduanya harus terhenti di Gunung Aconcagua , Argentina, Ketika jenazah keduanya ditemukan di gunung tersebut. Dan setelah musibah tersebut pendakian untuk mendapat gelar " the seven summiters" bagai hilang begitu saja.





  













 Hingga akhirnya pada awal tahun 2009, Mahasiswa pencinta alam dari Universitas Parahiyangan Bandung tersebut, berhasil mencapai puncak Carstenz Pyramid kemudian selanjutnya melanjutkan mendaki 6 puncak lainnya  sampai pada tahun 2011.

Dengan prestasi membanggakan ini, Kini Indonesia memiliki The Summiteers pertama juga menandakan Indonesia akan segera bergabung bersama 52 negara lainnya yang memiliki pendaki yang bertitle " the summiteers ".

Tim pendaki Seven Summits Expedition Wanadri yang di Ketuai oleh Mantan Panglima TNI Jenderal ( Purn ) Endriartono Sutarto. Tim Anggota  terdiri dari enam Pendaki Yakni :
  • Ardeshir Yaftebbi
  • Iwan Irawan
  • Marthin Rimbawan
  • Fairi Al Luthfi
  • Nurhuda
  • Gina Afriani  












Gelar  " Sir " adalah gelar yang prestisius yang indentik dengan gelar kebangsawan di Inggris.
Tidak sembarang orang diluar negara Persemakmuran  Inggris dapat di beri gelar "Sir" oleh kerajaan Inggris.
Namun ada juga orang Indonesia yang di beri gelar "Sir" Yaitu Prof.Dr.Azyumardi. M.A, Mantan Rektor di sebuah Universitas swasta di Jakarta ini menerima penghargaan dari Ratu Elizabeth II sebagai the Commander of the order of the British Empire atau cbe awards alias  Panglima Kerjaan Inggris . 

Penghargaan di berikan kepada Azyumardi karena bernilai berjasa dalam memberikan kontribusi penting dalam membangun hubungan baik antar Agama di tingkat Internasional, Khususnya antara Indonesia dan Inggris. Hal ini terutama Azyumardi lakukan ketika menjadi Ketua Uk - Indonesia Islamic Advesory Council atau Dewan Penasehat Islam Inggris - Indonesia yang dibentuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan Perdana Menteri Tony Blair pada Maret 2006.

Dengan gelar tersebut maka Prof.Dr. Azyumardi M.A menjadi orang Indonesia pertama yang mendapa gelar "Sir" dari Kerajaan Inggris.













Orang Indonesia pertama yang selanjutnya mengguncang dunia adalah Arhur Irawan. Remaja Indonesia berusia 19 tahun itu adalah seorang pemain sepakbola di klub Segunda Espanyol B dengan posisi sebagai Bek Kanan maupun Gelandang Tengah. 

Espanyol melihat bakat remaja dengan tinggi badan 1.75 meter ini ketika Arthur masih memperkuat klub amatiran di Inggris Lytham Town.












Yang membanggakan lagi, pemain muda menjanjikan dari Indonesia ini ternyata juga menarik perhatian klub sepakbola asal Inggris yaitu Manchester United.
Nama Arthur Irawan sempat mencuat berkaitan dengan seleksi tim Indonesia U-23 ketika timnas masih di latih Alfred Riedl. Tapi karena pemuda asal Surabaya, Jawa Timur ini masih di anggap terlalu muda, Alfred pun menolaknya. Padahal Arhur sangat berharap bisa membela Indonesia. Karena yang ia pernah tuturkan motivasinya membela Indonesia karena Ia mencintai bangsa ini.


Jika seseorang berasal dari negara menjadi Presiden dinegaranya sendiri, hal itu adalah hal yang biasa. Namun, bila orang tersebut bukan berasal dari negara tersebut namun berhasil menjadi presiden di negara tersebut, hal ini barulah luar biasa.


















 Peristiwa langka tersebut di alami Yusof bin Ishak, Seorang Sumatera Barat menjadi Presiden Singapura. Bahkan Yusof yang menutup usia pada umur 60 tahun tersebut merupakan Presiden pertama Singapura.
Yang semakin membanggakan, wajah yusof diabadikan pada pecahan-pecahan uang Singapura.


Pada tanggal 3 Desember 1959, Yusof memang telah menjadi warga Singapura, di lantik sebagai kepala negara atau di kenal dengan " Yang di-Pertuan negara Singapura", Pada tanggal 9 Agustus 1965 saat Singapura keluar dari Federasi Malaysia dan merdeka, staus ia berubah menjadi presiden sampai tahun 1970.

5. Jeffrey Polnaja

 

 














Berikutnya adalah Jeffrey Polnaja, Orang Indonesia pertama yang menguncang dunia dengan bersepeda motor mengelilingi dunia seorang diri. Aksinya pria asal Bandung, Jawa Barat ini di kukuhkan di Museum Rekor Dunia Indonesia : Kang JJ " biasa ia disapa memang menyukai aktifitas bertualang. Tahun 1978 pria berusia 50 tahun ini mulai bertualang mengendarai sepeda motornya seorang diri melintasi seluruh pulau jawa sampai Bali. 
Namun pada tahun 2001 sa'at hendak memulai perjalanan keliling dunia yang ia ingin dedikasikan untuk perdamaian, Kang JJ mengalami kecelakaan hingga ia nyaris lumpuh, Namun untunglah hanya dalam waktu 6 bulan kang JJ sudah pulih kembali. 
Setelah pulih pada April 2006 Kang JJ meninggalkan tanah air dan memulai menjelajahi dunia dengan mengendarai sepeda motor seorang diri.

Dalam perjalanannya itu, dia berbagi semangat perdamaian dan keprihatinannya atas Pemanasan Global kepada setiap orang. Dan tentunya juga mempromosikan Indomesia di pentas dunia. Pada 30 November 2008, Kanh JJ kembali ketanah air. Tak kurang dari 1000 motor menyambut kedatangannya, termasuk Menteri Pemuda dan Olah Raga pada waktu itu Bpk. Adhyaksa Dault. Karena dedikasinya itu Jeffrey Polnaja mendapat berbagai penghargaan diantaranya : Lifetime Achievement Award dari Ikatan Motor Indonesia ( IMI ), Sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada insan otomotif Indonesia.

6. Rudi Hartono Gunawan













Merupakan orang Indonesia yang telah mengukir sejarah dibidang olahraga khususnya Bulutangkis. Pria yang berusia 63 tahun itu merupakan satu-satunya orang didunia yang menjuarai Turnamen All England kejuaraan bulutangkis untuk nomor putra sebanyak 8 kali dan 7 kali secara berturut-turut. Rudi berhasil menjurai All England pertamanya pada usia 18 tahun.
Prestasi yang dicatatkan oleh Rudi Hartono ini telah mencatatkan namanya pada Guieness Book of Record pada tahun 1982.
Dahulu Rudi Hartono meninggalkan kuliahnya di Falkultas Kedokteran Universitas Erlangga Surabaya, Jawa Timur demi Bulutangkis.
Kini Rudi sudah tidak aktif lagi di Bulutangkis karena faktor usia dan kesehatan, Mantan atlet yang mengaku bahwa berdoa adalah rahasia keberhasilannya ini telah menjalani operasi jantung di Australia pada tahun 1988. Walaupun demikian kecintaannya Rudi Hartono  kepada Bulutangkis tidak akan pernah mati.

7. Ashin Jinarkkhita

Dan orang Indonesia terakhir yang mengguncang dunia adalah Almarhum Ashin Jinarakkhita yang juga dikenal sebagai Bhante Ashin 
Dia adalah Bhikkhu pertama Indonesia yang di tahbiskan pada tahun 1953.


 
















Setelah menjadi Bhikkhu, Pria kelahiran Bogor 23 Januari 1923 ini kemudian belajar spiritual lebih lanjut di Myanmar selama 2 tahun. Kemudian pada tahun 1955 Ia kembali ke Pulau Jawa lalu bekerja keras membangun kembali Wihara dan perkumpulan Buddhis dan juga merayakan perayaan Waisak secara Nasional pertama kalinya setelah beratus-ratus tahun di Candi Borobudur, Jawa Tengah.
Karena kegesitannya pergi dari satu tempat ketempat lainnya untuk Menyebarkan ajaran  Agama Budha sa'at awal berdiri itu.
Bhikkhu yang menutup usia pada umur 79 tahun itu sampai-sampai dijuluki "The Flying Monk" 
oleh Umat Budha di Malaysia dan Singapura.

Atas segala usahanya dalam mengembangkan Agama Budha, Pria yang lahir dengan nama
 "The Boan Ann" menjadi seorang yang sangat berpengaruh dalam Agama Budha di Indonesia.  

Demikianlah tutorial ini saya buat, Mungkin masih banyak lagi yang lainnya Putra-Putri Indonesia yang sudah menguncang dunia. Akan saya susun di lain waktu.

Semoga ini menjadi semangat bagi kita untuk lebih berprestasi lagi dimasa-masa yang akan datang.

" Kalau mereka bisa berhasil, Kenapa kita tidak "  

1 comments

Leave a Reply