You Are Here: Home» Pariwisata Indonesia » PARIWISATA KE CANDI SUROWONO KEDIRI JAWA TIMUR

CANDI SUROWONO KEDIRI













Candi Surowono berada di dusun Sorowono Desa Canggu Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Candi Surowono merupakan candi peninggalan Pendharmaan Bhre Wengker dari masa kerajaan Majapahit. Seperti yang termaktub di dalam Kitab Negarakertagama bahwa Pendharmaan Bhre Wengker telah meninggal pada sekitar tahun 1388 masehi serta dimakamkan di Curabhana.

Candi Surowono diperkirakan dibangun pada tahun 1400 masehi dikarenakan Pendharmaan adalah seorang raja, Setelah 12 tahun meninggal dan dilakukan upacara Srada dibangunlah sebuah candi untuk memberikan penghormatan kepada Raja tersebut.

Candi Surowono berbentuk Bujursangkar dengan candi menghadap arah barat, Ukuran candi surowono adalah 7.8 M X 7.8 M serta mempunyai tinggi sekitar 4.72 M. Pada bagian pondasinya terbuat dari batu bata sedalam 30 cm dari permukaan tanah.

Candi Surowono terletak sekitar 30 KM dari kabupaten Kediri, Tiap harinya lokasi candi tersebut selalu dijaga oleh 3 orang juru kunci yang tinggal disekitar candi. Mereka selalu merawat kebersihan dan keamanan candi.

Apakah anda tertarik berwisata sejarah ketempat ini ?


2 comments

  1. Anonymous says:

    keindahan ke alamian masih utuh tetap terjaga

  2. Anonymous says:

    keindahan ke alamian masih utuh tetap terjaga

Leave a Reply