You Are Here: Home» Pariwisata Indonesia » KEINDAHAN GOA JOMBLANG


http://blogpintar83.blogspot.com











Goa Jomblang merupakan salah satu gua yang terdapat di daerah Gunung Kidul. Gua ini memiliki dayak tarik tersendiri untuk di kunjungi. Letak goa ini berada di pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Gunung Kidul yang berjarak sekitar 50 km dari kota Jogjakarta.

Untuk menuju salah satu tempat wisata di Jogjakarta ini anda dapat menyusuri jalan yang mengarah ke timur kota Wonosari hingga anda menemukan papan penunjuk jalan yang bertuliskan " Wisata Goa Kali Suci ".

Goa Jomblang memiliki karateristik yang berbeda dengan goa pada umumnya. Perlu keberanian dan keterampilan khusus untuk bisa mengunjungi goa ini. Letak goa yang vertikal membuat pengunjung harus menggunakan tali untuk menuruni tebing yang kedalamannya sekitar 60 meter. Adapun tehnik untuk menuruni tebing tersebut adalah single rope techinique.

Meskipun goa ini cukup terkenal, namun akses menuju goa ini masih terbuat dari tanah dan bebatuan sehingga anda akan merasakan off road untuk menuju lokasi tersebut. Anda akan melintasi desa dan pesawahan sepanjang lebih kurang 2 kilometer. Setelah itu anda akan tiba di Resort Goa Jomblang.

http://blogpintar83.blogspot.com












Keindahan dan keunikan yang terdapat di goa ini menjadikan tempat pariwisata ini dikenal luas oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.Goa ini menawarkan pertualangan yang sangat seru. Goa ini merupakan goa kapur dengan keindahan pemandangan hutan purba yang dilengkapi dengan sungai bawah tanah. Ujung dari goa ini terhubung dengan goa lainnya yang bernama Goa Grubug, dengan demikian saat anda mengunjungi goa jomblang anda sekaligus akan menyelusuri goa grubug.

Keindahan hutan yang terdapat di dalam goa jomblang ini merupakan salah satu hal yang membuat goa ini istimewa. Hasil penelitian para ahli tentang goa ini menyatakan bahwa goa ini terbentuk sa'at tanah di permukaan rubuh sehingga seluruh tumbuhan dan pepohonan yang berada diatasnya ikut terbawa kebawah dan hidup dengan subur.

Selain hutan goa jomblang juga memiliki lorong sepanjang 500 meter. Lorong goa jomblang cukup lebar sehingga tidak sulit untuk di lalui. Didalam lorong tersebut juga telah dilengkapi dengan jalan setapak yang terbuat dari bebatuan. Namun anda harus tetap berhati-hati untuk menyelusuri goa ini karena jalannya sangat licin.

Nah itulah salah satu tempat pariwisata yang menarik di daerah Gunung Kidul, Jogjakarta.
Anda tertarik untuk mengunjunginya ???


0 comments

Leave a Reply