You Are Here: Home» Legenda Indonesia » Ellyas Pical, Petinju Pertama Indonesia meraih Gelar Juara Dunia.




Pada tanggal 3 Mei 1985, Dunia tinju Indonesia tersentak 
Ellyas Pical ( Pemuda kelahiran 24 Maret 1960 di Ullath, Saparua Maluku Tengah, Maluku ) menjadi petinju pertama Indonesia yang menjadi juara dunia.

Rekor karier profesionalnya : 20 kemenangan ( 11 KO ), 1 Seri dan 5 kalah.

Pical telah menggeluti olahraga tenju sejak usia 13 tahun. Sebagai petinju amatir yang bermain di kelas terbang, ia kerap menjadi juara dari tingakat kabupaten hingga kejuaraan Piala Presiden. Karier profesionalnya dimulai sejak tahun 1983 pada kelas bantam junior. Sejak itu, berderet-deret prestasi dunia diraihnya Seperti juara OPBF setelah mengalahkan Hi-Yung Chun asal Korea Selatan dengan kemenangan angka 12 ronde pada 19 Mei 1984 di Seoul, Korea Selatan.
Atas kemenangan ini, Pical menjadi petinju profesional pertama Indonesia yang berhasil meraih gelar Internasional di luar negeri.

Ia merebut gelar juara IBF kelas bantan junior ( atau kelas super terbang ) dari petinju Korea Selatan Chun Ju-Do di Jakarta.pada tanggal 3 Mei 1985. Inilah gelar pertama Indonesia di tingkat Tinju Internasioanl. Ellyas Pical menobatkan dirinya menjadi Orang Pertama Indonesia yang meraih gelar Juara Dunia.


















Setelah mempertahankan gelar dari petinju Australia, Wayne Mullholand pada 25 Agustus 1985, Pical harus mengakui petinju Republik Dominika Cesar Polanco dengan angka di Jakarta. Namun Pical mampu bangkit dan membalas kekalahnnya atas Polanco dengan balik memukul K.O pada pertandingannya yang kedua tanggal 5 Juli 1986 di Jakarta.

Terlihat bahwa Pical memiliki semangat dan kemampuan sebagai petinju profesional Indonesia.

Kemudian Pical harus mempertahankan gelarnya dengan melawan petinju Korea  Dong-Chun Lee dan berhasil mempertahankan gelar juaranya. Namun pada tahun 1987 Pical harus menyerahkan gelarnya kepada petinju Thailand Khaosal Galaxi dengan KO pada ronde ke 14.

Kekalahannya ini sempat membuatnya depresi berbulan-bulan, Tetapi kemudian Pical bangkit lagi dan kembali merebut  Juara Dunia IBF dari tangan Petinju Korea Selatan, Tae-ill Chang. Pical sempat mempertahankan gelarnya selama 2 tahun, Hingga akhirnya Pical harus menyerahkan gelarnya melawan petinju Kolombia Juan Polo Perez setelah kalah angka di Ronoake Virginia pada tanggal 4 Oktober 1989.

Setelah kekalahan itu nama Ellyas Pical mulai meredup dan akhirnya menghilang dari dunia tinju profesional Indonesia.

Ellyas Pical mendapat gelar penghargaan " Life Time Achievement " dari Pemerintah Indonesia.
Legenda tinju Indonesia itu mendapatkan penghargaan atas dedikasinya dalam dunia tinju Indonesia serta sebagai sosok petinju Indonesia pertama yang meraih gelar juara dunia.

Ellyas Pical merupakan Inspirator bagi petinju muda Indonesia.

Biodata :

Nama              : Ellyas Pical
Lahir                : Saparua, Ambon  24 Maret 1960.
Istri                   : Rina Siahaya.
Anak               : Lorinly
                          Matthew
Pendidikan    : Tidak tamat SD

 

 






0 comments

Leave a Reply